Selamat Datang di Website resmi Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur

Lomba Desa dan Kelurahan

Pacitan dan Kota Malang

Pemenang I Lomba Desa dan Kelurahan

Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan dan Kelurahan Tanjungsekar, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, terpilih sebagai pemenang satu untuk kategori desa dan kelurahan dalam Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2011.

Penetapan pemenang tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/326/KPTS013/2011 tentang Pemenang Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2011, tertanggal 24 Juni 2011.

Nantinya wakil masing-masing pemenang (terdiri atas kepala desa/ kelurahan, ketua TP PKK desa/kelurahan dan ketua LKMD dan LKMK) akan diundang ke Surabaya untuk menerima hadiah berupa tabanas dan dana hibah sekaligus malam ramah tamah dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, tanggal 16 Agustus 2011. Sedangkan pada upacara 17 Agustus 2011, di Gedung Negara Grahadi, masing-masing pemenang akan menerima tropi dan piagam dari Gubernur Jawa Timur, H. Soekarwo.

Adapun pemenang lain Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur, untuk kategori desa, pemenang II, III dan IV masing-masing Desa Arjowilangun, Kec. Kalipare, Kab. Malang, Desa Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan dan Desa Tanjung, Kec. Pajarakan, Kab. Probolinggo.

Kategori kelurahan untuk pemenang II, III dan IV masing- masing Kelurahan Banjarejo, Kec. Taman, Kab. Madiun, Kelurahan Blabak, Kec. Pesantren, Kota Kediri dan Kelurahan Tamanbaru, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.

Selain memperoleh tropi dan piagam penghargaan, setiap pemenang memperoleh tabanas yang dipergunakan untuk pembinaan desa dan kelurahan. Untuk kategori desa, pemenang I, II, III dan IV masing-masing memperoleh Rp 11 juta, Rp 10 juta, Rp 9 juta dan Rp 8 juta. Sedangkan kategori kelurahan untuk pemenang I, II, III dan IV masing-masing memperoleh Rp 10 juta, Rp 9 juta, Rp 8 juta dan Rp 7 juta.

Selain hadiah berupa tabanas, setiap pemenang menerima hibah untuk Program/Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Berhasil. Adapun untuk kategori desa pemenang I, II, III dan IV masing-masing memperoleh Rp 70 juta, Rp 60 juta, Rp 50 juta dan Rp 40 juta. Sedangkan untuk kategori Kelurahan masing-masing memperoleh Rp 60 juta, Rp 50 juta, Rp 40 juta dan Rp 30 juta.

Dana hibah ini dipergunakan untuk penguatan kelembagaan dan kegiatan ekonomi produktif dengan mengacu pada Standar Pelayanan Publik (SPP) Program/ Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan Berhasil Provinsi Jawa Timur Tahun 2011.

Pelaksanaan Perlombaan Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur ini dibagi dalam empat tahap. Tahap pertama adalah pengiriman berkas dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur ke Bapemas Provinsi Jawa Timur, Maret s.d 25 Mei 2011, setelah itu dilakukan seleksi administrasi, 26 s.d 27 Mei 2011, pada tanggal 7 s.d 8 Juni dilakukan paparan peserta. Baru pada bulan Juni dilakukan penilaian lapangan ke delapan nominator untuk kate- gori desa dan delapan nominator untuk kelurahan.

Lomba Desa

Juri perlombaan dibagi dalam delapan indikator. Indikator pendidikan juri dari Universitas Brawijaya Malang dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, indikator kesehatan dari Dinas Kesehatan dan Bappeda Provinsi Jawa Timur, indikator partisipasi masyarakat dari Bapemas dan LSM Spectra, indikator kelembagaan masyarakat dari Bapemas, indikator pemerintahan desa dan kelurahan dari Bapemas dan Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, indikator pemberdayaan kesejahteraan keluarga dari PKK Provinsi Jawa Timur, indikator kamtibmas dari Bakesbanglinmas dan Satpol PP Provinsi Jawa Timur, dan indikator ekonomi masyarakat dari Dinas Pertanian dan Bapemas.

Totok Soewarto, SH, M.Si., Kepala Bapemas Provinsi Jawa Timur, dalam sambutannya ketika penilaian lapangan selalu mengingatkan bahwa lomba desa ini dilaksanakan sacara jujur dan adil. Kemudian, sesuai debgan juklak Perlombaan Desa, tujuan perlombaan desa ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pedesaan. (res)

 

 

 

Pemenang Kategori Desa

Pemenang

Desa

I

Desa Hadiwarno, Kec. Ngadirejo, Kab. Pacitan

II

Desa Arjowilangun, Kec. Kalipare, Kab. Malang

III

Desa Kranji, Kec. Paciran, Kab. Lamongan

IV

Desa Tanjung, Kec. Pajarakan, Kab. Probolinggo

 

Pemenang Kategori Kelurahan

Pemenang

Kelurahan

I

Kelurahan Tanjungsekar, Kec. Lowokwaru, Kota Malang

II

Kelurahan Banjarejo, Kec. Taman, Kab. Madiun

III

Kelurahan Blabak, Kec. Pesantren, Kota Kediri

IV

Kelurahan Tamanbaru, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi

 
Copyright © 2009 - 2014 Bapemas Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.