Selamat Datang di Website resmi Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur

Bidang PKP Bapemas Provinsi Jawa Timur

.

Sistem Informasi Pendayagunaan Profil Desa

dan Kelurahan

 

 

Latar Belakang

Dalam rangka penyediaan informasi perencanaan pembangunan yang akurat, objektif dan dapat dipertanggunggjawabkan maka diperlukan informasi dan data yang relevan sesuai dengan kondisi riil dilapangan. Penyediaan informasi untuk rencana pembangunan dilaksanakan melalui penyusunan Profil Desa dan Kelurahan yang dilakukan setiap tahun. Profil Desa dan Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter Desa dan Kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, data potensi Desa dan Kelurahan dan tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan.

Data dasar keluarga adalah gambaran menyeluruh tentang potensi dan perkembangan keluarga yang meliputi potensi sumber daya manusia, perkembangan kesehatan dan pendidikan, penguasaan aset ekonomi dan sosial keluarga, partisipasi anggota keluarga dalam proses pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan serta berbagai permasalahan kesejahteraan keluarga dan perkembangan keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Data Potensi berisikan potensi-potensi yang ada Desa atau di Kelurahan, yang terdiri dari potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, kelembagaan dan sarana prasarana dapat dipergunakan untuk menentukan arah pengembangan dan pembinaan masyarakat berdasarkan karakteristik keunggulan komparatif dan kompetitif Desa dan Kelurahan. Data tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan adalah merupakan status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan yang mencerminkan tingkat kemajuan dan/atau keberhasilan masyarakat, pemerintahan Desa dan Kelurahan serta pemerintahan daerah dalam melaksanakan pembangunan di Desa dan Kelurahan.

Maksud dan Tujuan

Maksud

  1. Mempercepat implementasi penyusunan Profil Desa dan Kelurahan.
  2. Menyediakan informasi yang relevan untuk dasar perencanaan pembangunan.
  3. Meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya Desa dan Kelurahan.

Tujuan

  1. Tersedianya data dasar keluarga sebagai gambaran menyeluruh terhadap potensi dan perkembangan keluarga di masing-masing Desa dan Kelurahan.
  2. Meningkatnya ketersediaan data dan informasi pendayagunaan potensi sumberdaya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan Kelurahan.
  3. Mendorong tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan.

Sasaran

Sasaran lokasi kegiatan SI-P2DK didasarkan pada Kabupaten/Kota yang telah mengalokasikan dana sharing. Lokasinya di 29 Kabupaten dan 9 Kota di Jawa Timur.

Ruang Lingkup

  1. Penyiapan instrumen pengumpulan dan pengolahan data dengan menggunakan program aplikasi Profil Desa dan Kelurahan yang berbasis web / diakses melalui internet.
  2. Rapat Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kegiatan SI-P2DK.
  3. Pelatihan dan bimbingan teknis Profil Desa dan Kelurahan
  4. Pendampingan
  5. Monitoring dan Evaluasi.

Panduan / User Manual Aplikasi Profil Desa dan Kelurahan Jatim

1. Komputer terhubung dengan internet

Dibutuhkan koneksi internet untuk mengakses aplikasi ini. Karena aplikasi ini berbasis web, maka aplikasi berjalan di internet browser. Carilah Internet browser yang ada di komputer anda,seperti Mozilla Firefox, Internert Explorer atau Google Chrome. Pilih salah satu Internet browser itu dan jalankan,jika komputer terhubung dengan internet maka akan tampak seperti gambar di bawah ini :

2. Masuk ke Website Profil Desa

Ketiklah  http://profildesa.info pada address bar browser anda,seperti gambar di bawah ini

3. Login untuk masuk Aplikasi

Masukkan username dan password yang sudah ditentukan dan sesuaikan dengan ruang lingkup kerja anda.

4. Menu Utama

Setelah user login sebagai petugas kecamatan,maka akan tersaji halaman muka seperti berikut ini.

5. Input Data

A.  Untuk input Data Dasar Keluarga pilih menu Data Keluarga.

Panduan lengkapnya bisa lihat di User Manual Data Dasar Keluarga

B.  Untuk input Data Potensi pilih menu Input Data Potensi.

Panduan lengkapnya bisa lihat di User Manual Data Potensi

C. Untuk input data Tingkat Perkembangan pilih menu Input Data Tingkat Perkembangan.

Panduan lengkapnya bisa lihat di User Manual Data Tingkat Perkembangan

 

Success Story

Mengingat besarnya manfaat data Profil Desa dan Kelurahan untuk pembangunan, maka dalam mengoptimalkan profil Desa dan Kelurahan di Jawa Timur, Bapemas Provinsi Jatim telah melakukan upaya-upaya sebagai berikut :

A. Tahun 2011

Pada tahun 2011 ini, untuk mendukung pelaksanaan kegiatan register ibu dan anak di tingkat dusun (RIAD) sebagaimana Permendagri nomor 12 tahun 2007 telah dialokasikan untuk pembuatan aplikasinya dan bantuan keuangan sebesar Rp. 744.000.000,- bagi 38 Kabupaten/Kota, yang akan diproporsikan sesuai dengan jumlah dana sharing kegiatan sistem pendataan profil desa dan kelurahan yang telah dialokasikan oleh kabupaten/kota di Jawa Timur.

1.     Identifikasi lokasi

Identifikasi lokasi untuk kegiatan profil Desa/Kelurahan telah dilakukan bulan Januari 2011 terhadap 38 Kabupaten/Kota se Jawa TImur. Data hasil identifikasi meliputi alokasi dana yang disediakan oleh Kabupaten/Kota, jumlah Pokja Kab/Kota, jumlah Pokja Kecamatan, Jumlah Pokja Desa/Kelurahan serta jumlah desa yang telah memiliki Profil Desa dan Kelurahan.

2.     Pelatihan Teknis Profil Desa dan Kelurahan

Pelatihan Teknis Profil Desa dan Kelurahan Provinsi Jawa Timur Tahun 2011 dilaksanakan di Hotel Universitas Brawijaya Malang pada Juli 2011. Peserta pelatihan berasal dari 38 Kab/Kota sejumlah 76 (tujuh puluh enam) orang, terdiri dari Bapemas Kab/Kota yang membidangi Profil Desa dan Kelurahan dan operator.

Galeri Foto Pelatihan Teknis SIP2DK

pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_01a pelatihan_sip2dk_01a
pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_2a pelatihan_sip2dk_2a
pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_2 pelatihan_sip2dk_2
pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_1 pelatihan_sip2dk_1
pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_3 pelatihan_sip2dk_3
pelatihan_sip2d...
pelatihan_sip2dk_4 pelatihan_sip2dk_4

3.     Bimbingan Teknis Profil Desa dan Kelurahan

Selain melakukan Pelatihan Teknis Profil Desa dan Kelurahan juga dilakukan Bimbingan Teknis Profil Desa dan Kelurahan yang mana Bintek ini lebih fokus pada Pengaplikasian Sistim Informasi Profil Desa dan Kelurahan. Dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur ini sampai dengan Oktober 2011 sudah 15 Kab/Kota yang melakukan Bimbingan Teknis Profil Desa dan Kelurahan. Pesertanya adalah Pokja tingkat Desa/Kelurahan dan Kecamatan.

Galeri Foto Bimbingan Teknis SIP2DK

sip2dk_smpg3
sip2dk_smpg3 sip2dk_smpg3
sip2dk_smpg4
sip2dk_smpg4 sip2dk_smpg4
sip2dk_pasuruan...
sip2dk_pasuruan2 sip2dk_pasuruan2
sip2dk_pasuruan
sip2dk_pasuruan sip2dk_pasuruan

4.     Bantuan Keuangan Bagi Kab/Kota

Pada tahun anggaran 2011 program/kegiatan pendayagunaan profil Desa dan Kelurahan mengalokasikan dana bantuan keuangan untuk 38 Kabupaten/Kota. Berikut ini adalah daftar Kabupaten/Kota yang mendapat bantuan keuangan ..... ( Klik Di Sini )

 

B. Tahun 2010

  1. Melakukan sosialisasi SIP2DK yang diikuti oleh badan/dinas/kantor pemberdayaan masyarakat se jawa timur.
  2. Melakukan identifikasi pada 34 Kabupaten/Kota di Jawa Timur di luar lokasi pilot project tahun 2009 melalui APBD provinsi tahun anggaran 2010. Untuk Kabupaten, lokasi kegiatan berada pada 4 (empat) Kecamatan dan masing-masing Kecamatan terdiri dari 32 Desa/Kelurahan, sedangkan untuk Kota ditetapkan 2 (dua) Kecamatan dan masing-masing Kecamatan terdiri dari 5 (lima) Kelurahan, kecuali Kota Surabaya meliputi 5 (lima) Kecamatan pada 32 Kelurahan calon lokasi SIP2DK.
  3. Menyelenggarakan rapat sinkronisasi profil Desa dan Kelurahan yang diikuti oleh 1 (satu) orang pejabat dan 1 (satu) orang petugas operator yang membidangi profil Desa dan Kelurahan di lingkungan badan/dinas/kantor pemberdayaan masyarakat Kabupaten/Kota se jawa timur.
  4. Bapemas Provinsi Jawa Timur telah mengusulkan kepada Ditjen PMD agar 26 Kabupaten/Kota yang belum mengikuti sosbimtek dan belum mendapatkan alat pengolah data profil Desa dan Kelurahan untuk dapat segera dicukupi. Ke 26 Kabupaten/Kota tersebut adalah Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Jombang, Mojokerto, Lamongan, Tuban, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang, dan Kota Madiun, Kediri, Blitar, Pasuruan, Batu, Probolinggo, Mojokerto. Pelaksanaan bimbingan teknis serta pemberian alat pengolah data profil Desa dan Kelurahan telah direalisasikan sekitar bulan September s/d Nopember, untuk bidang pemberdayaan kelembagaan dan pelatihan memperoleh 1 (satu) unit komputer tersebut.

Galeri Foto Pelatihan Teknis SIP2DK

pelat_profil_20...
pelat_profil_2010_1 pelat_profil_2010_1
pelat_profil_20...
pelat_profil_2010_2 pelat_profil_2010_2
pelat_profil_20...
pelat_profil_2010_3 pelat_profil_2010_3
pelat_profil_20...
pelat_profil_2010_4 pelat_profil_2010_4
pelat_profil_20...
pelat_profil_2010_5 pelat_profil_2010_5

C. Tahun 2009

  1. Melakukan redisign SIP2DK di Jawa Timur dengan memasukkan karakteristik lokal yang pembahasannya dilakukan dengan melibatkan badan/instansi terkait tingkat Provinsi,LSM,LPM,Perguruan Tinggi, Ditjen PMD, Perwakilan Kepala Seksi PMD Kecamatan serta perwakilan aparatur Desa dan Kelurahan. Dari hasil pembahasan telah dipisahkan secara tegas antara instrumen profil Desa dengan instrumen profil Kelurahan, yang sejak diterbitkan Kepmendagri No 25 tahun 1996 sampai dengan diterbitkannya Permendagri nomor 12 tahun 2007 masih menjadi satu.
  2. Mengkoordinasikan 12 (duabelas) Kabupaten/Kota yaitu Kabupaten Sidoarjo,Malang, Gresik, Madiun, Pasuruan, Bojonegoro, Kediri, Sumenep,Jember, Magetan, Kota Surabaya dan Kota Malang untuk mengikuti sosialisasi dan bimbingan teknis (sosbimtek) program nasional percontohan profil Desa dan Kelurahan di Jakarta. Sebagai tindak lanjut sosbimtek, masing-masing Kabupaten/Kota telah mendapatkan bantuan paket alat pengolah data profil Desa dan Kelurahan. Sedangkan 26 Kabupaten/Kota lainnya akan direalisasikan pada tahun 2010.
  3. Menyelenggarakan orientasi teknis terapan profil Desa bagi pejabat, operator, kasi PMD kecamatan dan aparatur Desa dan Kelurahan. Tujuan orientasi adalah untuk mengimplementasikan software profil Desa/Kelurahan terhadap instrumen profil Desa dan Kelurahan.
  4. Melalui PAPBD tahun anggaran 2009 telah mengalokasikan dana bantuan keuangan untuk pilot project profil Desa dan Kelurahan pada 4 (empat) Kabupaten yaitu Kabupaten Magetan, Malang, Bojonegoro dan Gresik, masing-masing kecamatan 8 (delapan) Desa/Kelurahan.


DOWNLOAD DOKUMEN TERKAIT

TAHUN 2011

TAHUN 2010




 

Login



Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 42 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini9841
mod_vvisit_counterKemarin3962
mod_vvisit_counterMinggu ini9841
mod_vvisit_counterMinggu lalu27655
mod_vvisit_counterBulan ini91757
mod_vvisit_counterBulan lalu68156
mod_vvisit_counterTotal1434005
Copyright © 2009 - 2014 Bapemas Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.