Selamat Datang di Website resmi Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur

Bidang PKP Bapemas Provinsi Jawa Timur

Pemberdayaan dan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat

 

 

Latar Belakang

Dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan pembangunan yang berkelanjutan di desa dan kelurahan maka dibutuhkan sifat partisipatif yang didukung oleh faktor penggerak dari dalam masyarakat itu sendiri (inner will). Untuk menggerakkan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat dalam maka dibutuhkan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) sebagai mitra mandiri sekaligus fasilitator Pemerintahan Desa dan Kelurahan serta segenap organisasi kemasyarakatan. Keberadaan KPM diharapkan akan mampu mengoptimalkan kegiatan pengkajian potensi masalah dan pendataan, perencanaan, pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pelestarian sekaligus pengendalian pembangunan. Keberadaan KPM juga dimaksudkan sebagai upaya kaderisasi pemimpin dan pioneer pemberdayaan potensi lokal melalui penumbuhkembangan kewirausahaan terutama di kalangan generasi muda agar mereka mampu bekerja dan mengabdi di desa dan kelurahannya dalam rangka mengatasi pengangguran dan tingkat urbanisasi yang tinggi karena terbatasnya lapangan kerja yang tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja baik di desa maupun kelurahan. Terkait dengan permasalahan tersebut diatas, maka dalam upaya optimalisasi peran KPM dalam pembangunan maka perlu dilakukan Pemberdayaan dan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (P2-KPM) di Jawa Timur.

Tujuan

1. Tujuan Umum

Menumbuhkembangkan, menggerakkan prakarsa dan partisipasi serta swadaya masyarakat dalam proses pembangunan di Desa dan Kelurahan.

2. Tujuan khusus

  1. Meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM KPM dalam melakukan fasilitasi pembangunan yang berorientasi pada kondisi riil masyarakat desa dan kelurahan.
  2. Meningkatkan kemampuan KPM dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan di wilayahnya.
  3. Mengembangkan dan mengoptimalkan wawasan KPM dalam mengembangkan potensi sumberdaya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.
  4. Meningkatkan ketrampilan KPM dalam mendorong  kemandirian masyarakat melalui pengembangan kapasitas yang dimiliki masyarakat di wilayahnya.

Sasaran Kegiatan dan Lokasi

I. TOT (Training of Trainer) KPM

  1. Desa dan Kelurahan di Jawa Timur yang sudah membentuk dan mempunyai lembaga KPM.
  2. KPM yang saat ini masih aktif melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di desa dan kelurahan.

II. Pelatihan Implementasi Fungsi KPM dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa

  1. KPM Desa dan Kelurahan di Jawa Timur yang sudah mengikuti pelatihan P2-KPM Tahun 2010 yang diselenggarakan oleh Bapemas Provinsi Jawa Timur.
  2. KPM Desa dan Kelurahan sebagaimana pada huruf (a) diatas dan telah lolos seleksi, baik seleksi administrasi maupun seleksi aktif lainnya yang  diselenggarakan oleh Bapemas Provinsi Jawa Timur.

Ruang Lingkup

I. TOT KPM

  1. Inventarisasi usulan calon peserta TOT KPM;
  2. Klarifikasi usulan calon peserta TOT KPM;
  3. Pelaksanaan TOT KPM;
  4. Evaluasi pelaksanaan TOT KPM.

II. Pelatihan Implementasi Fungsi KPM dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa

  1. Seleksi administrasi calon KPM yang akan diikutkan dalam pelatihan teknis (Tahap I).
  2. Pelatihan teknis bagi KPM yang lolos seleksi;
  3. Seleksi aktif calon KPM penerima hibah (Tahap II);
  4. Identifikasi lapang calon lokasi penerima hibah;
  5. Pendampingan;
  6. Monitoring dan Evaluasi.

Success Story

A. Tahun 2011

Pada tahun 2011, konsep kegiatan P2-KPM diperkuat dengan adanya bantuan hibah untuk pemberdayaan masyarakat di lokasi KPM sasaran yang dilakukan melalui tahap-tahap :

  1. Seleksi administrasi dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kabupaten/Kota hingga tingkat Provinsi hingga didapatkan 40 orang KPM berdasarkan peringkat nilai tertinggi yang kemudian mengikuti Pelatihan Implementasi Fungsi KPM.
  2. Seleksi aktif peserta dilakukan dengan penilaian proposal rencana usaha  oleh tim dari Universitas Brawijaya Malang dan LSM Adhi Bahana Cendikia Surabaya dan Bapemas Provinsi Jawa Timur.
  3. Sebagai klarifikasi proposal, dilakukan pula identifikasi lapang untuk 40 Desa/Kelurahan lokasi KPM yang mengikuti pelatihan Implementasi Fungsi KPM hingga terpilih 10 Desa/Kelurahan lokasi KPM terbaik yang akan memperoleh bantuan hibah sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).
  4. Menindaklanjuti Surat Keputusan Gubernur Propinsi Jawa Timur Nomor : 188/569/KPTS/013/2011, tanggal 13 Oktober 2011 tentang Lokasi Dan Alokasi Dana Bantuan Hibah Kegiatan P2-KPM Provinsi Jawa Timur Tahun 2011, maka dilaksanakan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Provinsi Jawa Timur padabulan Oktober 2011 dengan total peserta adalah 152 orang, yaitu 150 orang dari 10 Kabupaten/Kota dan 2 orang dari pendamping kegiatan.

Galeri Foto Pelatihan KPM

pelat_ifkpm1
pelat_ifkpm1 pelat_ifkpm1
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm11 pelat_pelangi_kpm11
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm14 pelat_pelangi_kpm14
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm4 pelat_pelangi_kpm4
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm9 pelat_pelangi_kpm9
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm8 pelat_pelangi_kpm8
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm15 pelat_pelangi_kpm15
pelat_pelangi_k...
pelat_pelangi_kpm12 pelat_pelangi_kpm12

B. Tahun 2010

Pada tahun 2010, kegiatan P2-KPM terealisasi dengan diadakannya pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat yang terbagi dalam 10 (sepuluh) angkatan dengan jumlah peserta 1000 (seribu) orang dari 38 Kabupaten/Kota.

Kegiatan Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dilaksanakan secara bertahap di 3 Kota yaitu Jember, Kota Malang dan Kota Batu, yaitu :

  1. Angkatan I dan II masing – masing dilaksanakan  di Hotel Bandung Permai dan Hotel Bintang Mulya Kabupaten Jember yang dihadiri oleh 200 (duaratus) orang dari Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Pasuruan, Lumajang, Bondowoso dan Jember.
  2. Angkatan III dilaksanakan di Hotel Selecta Kota Batu yang dihadiri oleh 100 (seratus) orang dari Kabupaten Ponorogo, Ngawi, Magetan, Blitar dan Nganjuk.
  3. Angkatan IV dilaksanakan di Hotel Filadelfia Kota Batu yang dihadiri oleh 100 (seratus) orang dari Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo.
  4. Angkatan V dilaksanakan di Hotel Filadelfia Kota Batu yang dihadiri oleh 93 (Sembilan puluh tiga) orang dari Kabupaten Trenggalek Tulungagung, Kediri Kota Blitar dan Kota Kediri.
  5. Angkatan VI dilaksanakan di Hotel Selecta Kota Batu yang dihadiri oleh 100 (seratus) orang dari Kabupaten Sampang, Sumenep dan Kota Pasuruan.
  6. Angkatan VII dilaksanakan di Hotel Pelangi Kota Malang yang dihadiri oleh 100 (seratus) orang dari  Kabupaten Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Jombang.
  7. Angkatan VIII dilaksanakan di Hotel Filadelfia Kota Batu dihadiri 48 (empat puluh delapan) orang dari Kabupaten Kabupaten Jember, Madiun, Pacitan dan Kota Madiun.
  8. Angkatan IX dilaksanakan di Hotel Pelangi Kota Malang yang dihadiri oleh  82 (delapan puluh dua) orang dari Kabupaten Malang, Mojokerto, Kota Malang, Mojokerto dan Batu.
  9. Angkatan X dilaksanakan di Hotel Filadelfia Kota Batu yang dihadiri oleh 56 (lima puluh enam) orang dari Kabupaten Bangkalan, Gresik, Sidoarjo dan Kota Surabaya.

Dalam rangka mempercepat proses pencairan hibah maka dilakukan pelatihan KPM dengan peserta terdiri dari Bapemas Kab/Kota, Kepala Desa/Lurah, pengurus UPKu dan pokmas calon penerima hibah dari 10 lokasi terpilih. Setelah hibah cair, maka nantinya akan dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap realisasi kegiatan yang telah diajukan.

Galeri Foto Pelatihan KPM

kpm1_2010
kpm1_2010 kpm1_2010
kpm2_2010
kpm2_2010 kpm2_2010
kpm3_2010
kpm3_2010 kpm3_2010
kpm4_2010
kpm4_2010 kpm4_2010
kpm5_2010
kpm5_2010 kpm5_2010
kpm6_2010
kpm6_2010 kpm6_2010
kpm8_2010
kpm8_2010 kpm8_2010

 

DOWNLOAD DOKUMEN TERKAIT

TAHUN 2011

TAHUN 2010


 

Login



Arsip

Pengunjung Online

Pengguna online 40 tamu
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini2381
mod_vvisit_counterKemarin3687
mod_vvisit_counterMinggu ini10912
mod_vvisit_counterMinggu lalu28053
mod_vvisit_counterBulan ini90343
mod_vvisit_counterBulan lalu129569
mod_vvisit_counterTotal1266106
Copyright © 2009 - 2014 Bapemas Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.