Selamat Datang di Website resmi Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur

Lokakarya Program Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Kawasan Perdesaan (PDM-BKP)

Bapemas Prov. Jatim Tahun 2012

 

Pelaksanaan Lokakarya Program Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Kawasan Perdesaan (PDM-BKP) tahun 2012 Bapemas Provinsi Jawa Timur yang dibuka Oleh Kepala Bapemas Provinsi Jawa Timur Bapak. Drs. Zarkasi, M.Si dan Tim Pendamping dari PIBLAM Universitas Brawijaya Malang dilaksanakan pada tanggal 29 s/d 30 Maret 2012 di Hotel Pelangi Malang dan diikuti oleh 8 (delapan) Kabupaten yaitu terdiri dari 5 (lima) Kabupaten yaitu : 1). Malang, 2). Blitar, 3). Tulungagung, 4). Tuban dan  5). Lumajang yang mendapat Bantuan Barang yang telah di SK Gubkan, sedangkan 3 (tiga) Kabupaten  yaitu : 1). Pacitan, 2). Lamongan dan 3). Bojonegoro untuk Usulan Tahun Anggaran 2013. Untuk Tahun Anggaran 2012 Masing-masing Kabupaten mendapat Bantuan Barang dengan anggaran sebesar Rp. 26.000.000,- dan penggunaannya antara daerah yang satu dengan yang lainnya berbeda sesuai dengan kebutuhan daerahnya masing-masing seperti :

 

 

No

Lokasi

 

Nama UPKu

Jenis Barang

Desa

Kecamatan

Kabupaten

1

Minggirsari

Kanigoro

Blitar

Maju Makmur

  1. Diesel Utk penggilingan kedelai;
  2. Dismil mesin giling;
  3. Mesin Obras industry.

2

Gondang

Gondang

Tulungagung

Al Hidayah

  1. Gerindra/beji (dewat)
  2. Gunting Besi;
  3. Bur Duduk;
  4. Blower.

3

Pronojiwo

Pronojiwo

Lumajang

Makmur Sejahtera

Mesin Oven Kripik Salak

 

4

Sumber Pasir

Pakis

Malang

Amanah

Alat pengering/oven

 

5

Jatisari

Senori

Tuban

Giri Arta

  1. Mesin Bordir;
  2. Mesin Jahit;
  3. Mesin jahit Multi Ever;
  4. Mesin Neci;
  5. Lemari Cabinet.

Dengan alokasi yang telah diberikan Pemprov melalui Bapemas Prov. Jatim kurang dari cukup karena tidak bisa menjangkau semua Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dengan demikian kami mengharapkan sekali ada tambahan anggaran (dana) di tahun mendatang untuk bisa memberikan bantuan hibah pada semua  Kabupaten/Kota yang belum dialokasikan.

Kami menyadari fakta dilapangan masih banyak kendala karena keterbatasan anggaran sehingga untuk percepatan pengembangan tidak bisa seperti apa yang kita harapkan. Oleh karena itu, Bapak Gubernur mengharapkan Bupati/Walikota untuk ikut ambil bagian dalam melaksanakan Program-Program yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan agar mengalokasikan APBD Kab/Kota pada kegiatan tersebut sehingga hasil bisa sesuai apa yang kita harapkan dan harapan masyarakat bisa terpenuhi.

Demikian pula yang disampaikan oleh Bapak Kepala Bapemas Prov. Jatim Drs. Zarkasi, M.Si pada acara pembukaan Lokakarya Program Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Kawasan Perdesaan (PDM-BKP) Bapemas Prov. Jatim Tahun 2012 pada tanggal 29 s/d 30 Maret 2012 di Hotel Pelangi Malang. Lebih lanjut beliau menambahkan rasa terima kasih atas dukungan dan kerjasama dalam pelaksanaan Program Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Kawasan Perdesaan (PDM-BKP) kepada para peserta Lokakarya yang hadir dari 8 (delapan) Kabupaten di Jatim. Beliau juga mengharapkan Kantor/Badan/Dinas/Instansi yang ada di Kab/Kota dapat meneruskan sosialisasi ini kepada seluruh Pokmas yang ada di wilayahnya, sehingga tidak ada lagi kebijakan dengan alasan kurangnya anggaran untuk kegiatan dimaksud.

Lokakarya Program Pengembangan Desa Mandiri Berbasis Kawasan Perdesaan (PDM-BKP) Bapemas Prov. Jatim Tahun 2012 diikuti oleh 76 peserta yang menangani kegiatan tersebut dari Bapemas Kabupaten, Kades, BPD, KPM, Kaur Pembangunan Kecamatan, Ketua dan Sekretaris UPKu serta pendamping desa  dan menghadirkan narasumber yaitu :

  1. Bappeda Prov. Jatim;
  2. Balai Besar Pengkaderan Malang;
  3. Universitas Brawijaya Malang;
  4. Universitas Negeri Malang;
  5. Bapemas Prov. Jatim.
 
Copyright © 2009 - 2014 Bapemas Provinsi Jawa Timur All Rights Reserved.